Friday, May 18, 2007

Sebagian Sebab-sebab Kemenangan

Pada waktu Umar bin Khattab mengirimkan utusan di bawah pimpinan Sa’ad bin Abdi Waqqash untuk menakhlukkan Parsi, belaiau menulis pesan yang isinya sebagai berikut:

1. Takwa kepada Allah

Selain itu, aku perintahakan kepadamu dan semua tentara yang ikut bersamamu untuk bertakwa kepada Allah dalam keadaan bagaimanapun juga, sebab takwa adalah senjata yang paling ampuh untuk menakhlukkan musuh serta siasat perang yang paling hebat.

2. Meninggalkan segala bentuk perbuatan maksiat

Aku perintahkan pula kepadamu dan orang-orang yang ikut bersamamu, agar menjaga diri dari perbuataan maksiat, agar lebih cermata daripada menjaga serangan musuh karena dosa-dosa para tentara itu lebih menakutkan mereka sendiri daripada musuhnya. Kemenangan kaum muslim itu akibat perbuatan maksiat musuhnya. Andaikata mereka tidak berbuat maksiat pasti orang-orang Islam tidak mempunyai kekuatan, sebab jumlah kekuatan serta perbekalan mereka tidak sebanyak dan sekuat musuh mereka.

3. Mohon Pertolongan kepada Allah

Memohonlah kamu kepada Allah untuk kemenanganmu sert selamat dari godaan maksiat sebagaimana kamu memohon kemenangan terhadap musuhmu dan mohonlah kepada Allah baik untuk kita maupun untuk kamu sendiri.

No comments: